Sharing : Hari pertama kerja? Siapa takut!

Halo, sepertinya sudah cukup lama saya tidak posting karena berbagai kesibukan dan yang paling utama yaitu faktor “m”. Kali ini saya ingin berbagi mengenai pengalaman dan trik tentang hari pertama kerja di perusahaanmu bekerja saat ini. Entah kenapa tiba-tiba judul ini muncul dipikiran saya untuk berbagi cerita dan tips, then let’s check this out.

1. Siapkan penampilan yang oke

Penampilan merupakan hal yang menurut saya cukup penting, karena pertama kali orang akan melihatmu dari penampilan seseorang, apalagi kalau kamu belum dikenal banyak orang. Orang-orang pasti banyak yang lupa nama, namun ingat akan wajah atau gaya penampilan orang tersebut, nah dari sini penampilan merupakan hal pentng yang harus kamu perhatikan di hari pertama kamu kerja agar rekan kerja mu menaruh respect bahwa kamu memang datang dengan niat bekerja secara sungguh-sungguh.

2. Jaga sikap, sedikit jaim boleh lah

Saat berkenalan dengan rekan kerja baru mu jangan terburu-buru menunjukkan sikap aslimu. Kenapa? Karena kamu belum tahu bagaimana lingkungan kamu bekerja nanti, maka jagalah sikap sebaik dan sesopan mungkin karena berguna juga untuk menghindari penilaian orang yang terlalu dini dan salah tentang dirimu yang mungkin karena mereka belum terlalu kenal dengan kamu. Nah nanti saat kamu sudah “nyemplung” di lingkungan tersebut, barulah kamu beradaptasi menentukan tindakan dan sikap yang sesuai agar bisa diterima di lingkungan barumu itu dan bisa bergaul dengan sesama rekan kerja untuk mengakrabkan diri satu sama lain.

3. Hafalin orang-orang penting

Salah satu kesalahan saya dulu yaitu terlalu takjub dengan lingkungan fisik tempat saya bekerja sehingga saat bos saya mengenalkan kepada beberapa supervisor dan manager saya tidak terlalu memperhatikan. Kenapa harus hafalin orang-orang penting/yang memliki jabatan dahulu? Sebab dengan kita hafal kepada orang-orang tersebut kita dapat membedakan sikap kita antara sesama rekan kerja sepantar dengan yang memiliki posisi diatas kita jangan sampai kita menyapa bos seperti menyapa rekan kerja setingkat, bisa jadi omongan nanti.

4. Jangan banyak duduk & diam, banyaklah bertanya dan mengenal lingkunganmu

Mungkin karena masih malu dan jaim, sehingga anak baru lebih memilih duduk saja di desknya. Tidak salah memang kalau kita duduk sambil memperhatikan situasi sekitar kita. Namun alangkah baiknya kalau sedang sengang kita berkeliling sambil lebih mengenali tempat kerjamu karena suatu waktu apabila ada suatu perintah dari bos, setidaknya kita sudah hafal beberapa tempat penting yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa meminta bimbingan penuh dari atasan mu.

5. Selagi masih “anak bawang” banyaklah bertanya

Dunia kerja beda jauh sama dunia pendidikan. Kalau waktu kuliah dulu kita melakukan kesalahan masih wajar, tapi kalau di dunia kerja kesalahan sedikit saja bisa berdampak ke berbagai hal. Nah mumpung masih baru, alangkah baiknya tanyakan semua hal yang kamu belum paham dan baiknya lagi minta modul training atau apalah yang bisa kamu pelajari sendiri. Sebab masa-masa ini lah kesalahan masih dapat ditolelir, sebab kalau udah menjadi senior employee/karyawan tetap, suatu kesalahan bisa di blow up yang artinya harus dapat dipertanggung jawabkan.

Oke sekian yang dapat saya bagikan tentang tips untuk hari pertama bekerja yang saya ambil dari pengalaman pribadi saya. Kalau pembaca memiliki opini atau tips lainnya silahkan tulis di kolom komentar ya. Karena berbagi itu indah.

Image source:

1,2,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s