Cikarang

Empat bulan, waktu yang cukup bagi saya untuk tinggal di sebuah kosan di kota Cikarang. Saat ini saya berdomisili di Cikarang karena kerja disana, namun 4 bulan terakhir ini saya sudah merasa bosan dengan kehidupan yang “itu-itu” saja. Kenapa? karena saat di kuliah dulu saya bukan tipikal orang yang “kupu-kupu” alias kuliah pulang-kuliah pulang. Nah 4 bulan terakhir saya menjadi orang “kepu-kepu”, kerja pulang-kerja pulang yang membuat hidup seakan monoton. Bisa dihitung dengan jari berapa kali saya mengunjungi mal yang ada di kota Cikarang atau tempat hiburan lainnya. Hal ini dikarenakan saya sedikit mager dan tidak ada kendaraan pribadi untuk menjangkaunya. Yang paling mudah ya pakai ojeg dan tarifnya untuk pergi pulang tidak murah lho. Oleh karena itu sejak hari ini saya memutuskan untuk tinggal di rumah Mbah kakung saya di Jakarta, jadi tiap hari pp Jakarta-Cikarang menggunakan fasilitas jemputan dari kantor saya walau risikonya sedikit lebih capek dan harus bangun lebih pagi. Namun bagi saya itu bukan hal yang sulit, sebab lebih banyak keuntungannya daripada kekurangannya.

Cerita soal Kota Cikarang, yang juga dikelola oleh developer besar seperti Lippo Cikarang dan Jababeka merupakan salah satu kota pusat industri. Banyak berdiri pabrik-pabrik baik dalam negeri maupun luar negeri (PMA). Untuk masalah tempat tinggal, cukup banyak tempat yang bisa ditinggali baik rumah sendiri, kontrak atau kosan. Beberapa wilayah terkenal untuk kontrakan maupun kosan diantaranya :

  • Meadow Green

Banyak dihuni oleh orang-orang lokal dan ekspat dari korea dan jepang. Rata-rata harga kosan disini dari mulai 500 ribuan hingga diatas 1 juta, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. Konon katanya disini banyak “kehidupan malam” yang you know lah ya. Keuntungan di Meadow Green yaitu aksesnya dekat dengan jalan raya dan juga mall serta rumah sakit yang tidak jauh dari pintu masuknya.

  • Lembah Hijau

Komplek residence Lembah Hijau ini lokasinya cukup jauh dari jalan raya, harus melewati komplek industri Hyundai atau bisa tembus dari Meadow Green (max. jam 6 sore). Kalau tinggal disini saran saya bawa kendaraan pribadi sebab aksesnya cuma pakai ojeg atau pakai bis internal yang datangnya setiap 30 menit sekali (perhitungan saya lho). Kisaran harga kosan di sini kurang lebih sama dengan di Meadow Green (500rb above). Dan dekat dari komplek industri Hyundai, Delta Silicon serta EJIP.

  • Taman Sentosa (Tamsos) & Cikarang Baru (Kedasih)

Buat dua tempat ini, saya belum terlalu paham sebab belum pernah kesana juga namun banyak teman-teman saya yang tinggal di daerah sana. Menurut cerita, harga kosan di Cikarang Baru relatif lebih murah daripada Meadow Green dan Lembah Hijau, namun menurut saya suasana disekitar sini tidak setenang di Lembah Hijau ataupun Meadow Green yang memang di desain khusus wilayah hunian.

Bicara tentang kosan, saya juga mau share pengalaman saya tinggal di kosan selama hampir 4 bulan ini. Kosan saya terletak di komplek Lembah Hijau di jalan Katalia Raya, di mana area ini dilewati oleh bus internal. Setiap pagi dan sore saya berjalan kaki ke wilayah ruko untuk mencari makan dan bila mau belanja kebutuhan pribadi atau kamar bisa dibeli di Indomart, Alfamart, Alfa Midi atau toko-toko kelontong yang ada di komplek ruko.

Soal makanan, sebenarnya banyak pilihan mulai dari bubur ayam, nasi kuning, angkringan, sate padang, gudeg hingga ketoprak ada semua. Mau delivery juga ada beberapa tempat yang nyediain fasilitas ini. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp. 5000 untuk seporsi nasi kuning/nasi uduk/bubur ayam ya kalau mau sedikit bergizi bisa ditambah telor seharga 3000an. Bahkan pernah saya cetak rekor satu minggu hanya mengeluarkan uang 40ribu untuk kebutuhan makan dan minum! (apalagi kalau dapat sarapan dan makan malam dari kantor bisa lebih hemat lagi).

Soal biaya hidup, seperti yang saya ceritakan diatas bisa hemat sekali dibandingkan hidup di Jakarta atau Bandung. Satu bulan tidak sampai Rp. 400.000,00 untuk makan minum dan kebutuhan kosan. Tapi itu balik lagi ke gaya hidup masing-masing sih. Kalau saya pribadi pengeluaran di Cikarang memang sedikit, namun saat pulang ke Bandung atau Jakarta tiap minggu, disana pengeluaran saya agak boros, hehe.

Bagi yang mau atau sedang cari tempat tinggal di Cikarang, mungkin informasi diatas bisa sedikit membantu. Kalau mau ada yang ditanyakan bisa chat saya pribadi oke! Semoga membantu.

This slideshow requires JavaScript.

2 thoughts on “Cikarang

  1. Maaf nih gan numpang tanya, tau tempat kostan atau apapun itu yang bisa disewa buat 1 malam? kebetulan ana mau interview HR di epson. barangkali agan punya rekomendasi
    Thanks

Leave a Reply

