Boeing 737 MAX

Boeing 737 MAX

Boeing 737 MAX

Buat yang suka sama pesawat pasti udah denger kabar tentang Boeing bakal ngeluncurin pesawat generasi terbaru dari 737, yaitu 737 MAX. Pesawat yang akan memulai penerbangan pertamanya di awal tahun 2016 dan diluncurkan pada 2017 dimana bertepatan dengan peringatan 50 tahun Boeing 737 mengudara itu mempunyai banyak penyegaran dari model sebelumnya. Boeing 737 MAX hadir dalam 3 model, yakni MAX 7, MAX 8 dan MAX 9 dimana perbedaan dari ketiganya yakni pada kapasitas dan jangkauan jelajah. Berikut beberapa fitur baru dalam Boeing 737 MAX :

1. New Split Winglet

Konstruksi winglet baru dapat menghemat bahan bakar hingga 1.8% dibandingkan dengan pesawat yang menggunakan model winglet terdahulu

(737 MAX Winglet )

(737 NG Winglet )

Dari desain winglet yang berbeda cukup jauh, dapat dengan mudah kita mengenali sosok 737 MAX dengan 737 lainnya. Desain winglet terbaru juga berdampak pada aerodinamis pesawat yang lebih baik.

2. LEAP 1B Engine

Leap 1B Engine

Mesin baru yang lebih canggih dari mesin yang dipakai pada model terdahulu memiliki keistimewaan seperti noise 40% lebih rendah dibanding model terdahulu. Mesin ini pun lebih mempunyai bobot yang lebih ringan sehingga dapat membantu mengurangi drag dan juga lebih irit serta mampu terbang lebih lama sehingga daya jelajah dari pesawat ini pun meningkat.

3. More Modern Interior

Sektor kenyamanan penumpang tak lupa menjadi perhatian, terutama perubahan yang baik di sektor interior. Banyak ubahan sederhana namun memberikan kesan yang cukup mewah bagi penumpang.

  • Variable Illumination

Variable Illumination

Penambahan fitur illumination ini memberi kesan mewah pada kabin pesawat. Warnanya pun dapat di set seperti warna langit (siang-malam) ataupun disesuaikan dengan warna livery maskapai.

  • Larger Windows

Larger windows for larger view

Kaca jendela yang diklaim lebih besar 20% dari rivalnya Airbus A320neo dapat memberi kenyamanan bagi penumpang untuk melihat pemandangan diluar lebih luas pula.

Dan berita baiknya dua maskapai besar tanah air juga telah memesan Boeing 737 MAX ini yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air untuk melengkapi jajaran armada mereka. Apabila pesawat baru ini dioperasikan untuk penerbangan domestik, bisa jadi terbuka kesempatan kita buat merasakan kecanggihan dan kenyamanan pesawat baru ini saat terbang di dalam negeri.

Kita tunggu saja tanggal mainnya!

 

*source : Boeing, Wikipedia, The Verge

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s