Tugas Besar Mekatronika

Mekatronika? Kedengerannya kok agak seram ya buat sebagian kalangan mahasiswa, begitupun dengan saya. Awalnya cukup takut juga dengan mekatronika karena saya engga ahli-ahli banget mainan listrik, tetapi ternyata mekatronika yang dipelajari di kelas yaitu perpaduan antara pneumatik dengan komponen eletrik yang menjadi elektro pneumatik.

Jadi konsep kelompok kami begini:

Drawing1

Ada sebuah sistem pemrosesan air minum dalam kemasan (AMDK) 600ml. Sistem tersebut akan dibuat otomatis sehingga dapat mengurangi penggunaan tenaga kerja. Sistemnya mudah, pertama konveyor 1 akan berjalan membawa botol-botol PET yang akan siap disi oleh air (filling). Setelah sensor 1 mendeteksi keberadaan botol, maka sebuah barrier akan maju agar botol berhenti. Setelah ada 3 botol maka proses filling akan dimulai selama 3 detik. Setelah itu barrier akan membuka dan botol-botol akan lanjut ke stasiun capping. Di stasiun ini tiap botol yang sudah terisi air akan diberi tutup, silinder yang bekerja yaitu double acting cylinder. Setelah botol di capping lalu botol akan maju sampai akhir konveyor 1. Setelah 3 botol sampai di ujung, maka sebuah silinder akan mendorong ketiga botol tersebut ke konveyor 2. Setiap silinder diatur pergerakannya oleh solenoid yang dikontrol oleh PLC.

Bingung ya? Biar lebih kebayang coba perhatikan gambar di bawah:

Capture

Gimana sih cara ngehubungin PLC ke pneumatic?

Caranya mudah, tinggal perlu konektor berupa banana plug (googling ya kalau belum tahu) yang menghubungkan I/O PLC dengan solenoid valvenya. Jadi PLC sebagai pengendali buka tutup katup di solenoid valve.

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s