Belajar (sedikit) Merantau

Sudah hampir satu bulan saya melaksanakan kerja praktek di perusahaan automation provider asal negeri Belanja, PT. ZI-Techasia yang berlokasi di jalan H.R. Rasuna Said a.k.a Kuningan. Selama itu pula saya tinggal di rumah mbah saya yang jaraknya ngga terlalu jauh dari tempat kerja praktek kira-kira <10km. Tapi jarak yang relatif dekat itu bisa ditempuh selama kurang lebih 45 menit bahkan lebih. Terlebih kalau jam pulang di kisaran pukul 16.00 keatas dimana jalan udah dipenuhi kendaraan roda dua dan empat macetnya luar biasa, akhirnya saya merasakan macetnya Jakarta yang selama ini hanya dilihat di media saja.

Walau jarak Jakarta – Bandung yang engga terlalu jauh dan hampir tiap minggu saya pulang ke Bandung, namun tetap saja kalau waktu pulang itu tetap berkesan. Apalagi kalau udah sampai jembatan Pasupati auranya itu serasa berbeda ya kadang ikut macet juga. Tapi disini saya merasakan hidup orang lain yang merantau Senin – Jumat di ibu kota untuk mencari nafkah lalu akhir minggu pulang ke Bandung dan Minggu sore / Senin subuh balik lagi ke Jakarta. Capek di jalan sih tapi selalu ada semangat baik waktu pulang ke Bandung maupun ke Jakarta. Satu hal yang dapat saya dapatkan yaitu waktu bersama keluarga yang lebih berkualitas saat pulang!

Coba deh kalau biasanya tinggal di Bandung bertemu keluarga setiap hari mungkin waktu bersama keluarga akan terasa biasa saja. Namun kalau bisa berkumpul bersama keluarga seminggu sekali saja apalagi di bulan Ramadhan ini berbuka puasa bareng keluarga menjadi suatu hal yang sangat berharga bagi saya.

*note: jangan takut merantau! 🙂

One thought on “Belajar (sedikit) Merantau

  1. hai, saya berkunjung lagi ya! 🙂
    sedikit berbagi mengenai merantau. dari SMA saya sudah merantau untuk sekolah di kota, maklum anak desa hehehe. Setiap akhir pekan saya pulang ke kampung menggunakan bus umum. Meskipun berdesakan di dalam bus, tapi nggak ada apa-apanya demi semangat melihat senyum ibu di rumah 🙂
    merantau memang susah di awalnya, tapi kalau sudah terbiasa pastinya bakal ketagihan 😀
    salam anak rantau!

Leave a Reply

