Simbiz 2014

Akhir pekan kemarin merupakan salah satu hari yang menyibukkan sekaligus mendebarkan buat saya. Agak lebay dikit mungkin tapi memang bener sebab baru pertama kalinya saya ikut kompetisi yang cukup bergengsi yaitu Simbiz 2014 yang diselenggarakan oleh Binus University International. Simbiz merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Binus University dan berkolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia (Junior Achievements), dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-8.

Ini merupakan kali pertama saya ikut kompetisi bisnis dan dengan peserta dari universitas yang mempunyai nama besar di Indonesia seperti Universitas Indonesia, ITB, UGM, Undip dan lainnya. Sempat membuat down sih diawal-awal, tapi lama-kelamaan setelah berkenalan serasa menjadi teman dekat. Berikut rangkaian acara kompetisi Simbiz 2014

Hari 1, Rally Game

Rally game yang diselenggarakan di mall alam sutera ini berbentuk pos-posan yang terdiri dari 17 pos biasa dan 5 challange pos. Acara dimulai dari jam 1 siang sampai jam 5 sore. Perkiraan awal bisa lah ya 23 pos, ternyata hanya dapat 15 pos.

Hari 2 JA Titan Challenge

Kompetisi business games yang paling ditunggu, rivalnya juga yang sudah terkenal “dewa” seperti dari UGM, Undip. Diakhir hari kedua ini juga sekaligus pengumuman tim yang akan lolos ke babak final pada hari Senin, yang juga harus mempresentasikan ide business plan yang sudah disiapkan sebelumnya. Dan alhamdulilah tim saya, Autobiz, bisa lolos ke final, dan masalah baru pun datang.

Hari 3 Business Plan Presentation & JA Titan Competition

Jujur deh deg-degan banget mau presentasi business plan di depan para juri yang juga dosen dari Binus International University. Untungnya juri-jurinya baik dan justru memberikan masukan bagi kelompok kami. Dan kami bisa lega setelah presentasi ini, tetapi masih harus menunggu JA Titan comp. dan pengumuman pemenang.

“..selamat untuk yang juara, dan yang ‘BELUM’ juara, ingat beda ya ‘Belum’ dan ‘Bukan’, jadi tetap semangat dan jadikan motivasi agar semngat berkompetisi lagi..” ya itulah petikan pidato dari Dean Binus International University di closing ceremony lalu dilanjutkan pengumuman juara, dan urutannya 1-3 :Undip, Prasetia Mulia, UGM

Ya walau belum juara, namun ada kebanggaan tersendiri bagi saya yang baru sekali mengukuti kompetisi bisnis dengan scope nasional, semoga ini menjadi motivasi bagi saya untuk terus berkompetisi dan mengasah kemampuan saya agar dapat berkompetisi dengan sekolah lainnya, terlebih persiapan untuk AFTA 2015. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s