Novel 99 Cahaya di Langit Eropa

Akhirnya saya membaca novel lagi setelah sekian lama vakum karena disibukkan oleh berbagai hal di kampus. Saya beruntung karena pilihan saya untuk membeli novel best seller yang menceritakan kisah seorang perantau dengan suaminya di benua biru, tepatnya di Austria dalam mengejar tempat-tempat yang mempunyai nilai sejarah dan pengetahuan Islam yang tinggi.

Ketika membaca novel ini, saya seakan-akan merasa berada di tempat yang sedang diceritakan oleh Hanum Salsabiela Rais sang penulis. Pilihan katanya yang sangat baik membuat siapapun yang membacanya pasti terkesima. Hal-hal yang utama dalam novel ini yaitu tempat-tempat di eropa yang mungkin jarang kita dengar, jujur saya aja baru mengetahui tempat-tempat tersebut dan kandungan sejarahnya setelah membaca novel ini. Banyak kisah-kisah kejayaan khalifah Islam di Eropa yang ternyata Islam ini sebagai penerang di tanah Eropa saat eropa tengah mengalami masa kegelapan atau lebih sering disebut Middle Age Era.

Islam sebagai cahaya, sumber ilmu pengetahuan, pusat peradaban paling maju saat itu. Dan ternyata Cordoba dan Granada (yang saya tahu dari nama klub sepak bola di La Liga) merupakan pusat peradaban paling maju di Eropa pada saat itu. Hingga kota Paris yang mungkin kita hanya mengetahui menara Eiffel, Museum Louvre dengan lukisan Mona Lisa didalamnya, Arc de Triumphe, namun di dalam novel ini diceritakan hal-hal yang lebih menakjubkan lagi yang ada di Paris yang tentu berkaitan dengan Islam.

Setelah membaca novel ini, tekad saya untuk bisa sampai ke Eropa semakin bulat karena saya bercita-cita ingin melanjutkan studi S2 saya di Jerman. Agak melebar sedikit, saya sejak dulu memang tertarik novel yang mengisahkan perjalanan terutama di eropa. Novel pertama yang saya baca tentang eropa yaitu “Negeri van Oranje”, novel yang bagus untuk dibaca, dimana akan menerbangkan imajinasimu sampai ke negeri Belanda. Dengan terus menjaga pikiran untuk selalu positif dan terus menjaga impian kita, Insya Allah akan ada jalan untuk menggapai impian tersebut. Amin.

Leave a Reply

