Battery Drain on Galaxy Tab 3 8.0

Awalnya saya kira baterai tab saya yang bermasalah, karena baterainya yang cepat habis padalah belum pernah di oprek sistemnya. Tetapi setelah ngobrol-ngobrol dengan teman saya yang punya galaxy tab 3 8.0  ternyata dia mengalami masalah yang sama juga, yaitu baterai yang boros dan sulit di cas. Sebagai gambarannya:

1. Saat baterai dibwah 20% lalu kita colokin kabel charger, di indikator baterai tidak menunjukkan aktifitas charging. Baru bisa charging kalau Tab sudah di restart dahulu.

2. Saat mengisi dalam kondisi Tab off dan sudah menunjukkan baterai full, waktu dinyalakan sering muncul peringatan battery low atau dibawah 15%.

3. Waktu pengisian tidak tentu, dari 3-10 jam! Kalau mau cepat di mode Airplane, kalau lama sambil dipakai juga tabnya.

Tiga hal tersebut mungkin yang umum terjadi, dari 3 orang teman saya yang punya GTab 3 8.0 semuanya memiliki masalah yang sama. Tetapi masalah performance tidak ada masalah yang berarti karena dari sisi hardware yang cukup mumpuni.  Jadi salah siapakah yang bikin hal ini terjadi? OS, Samsung atau usernya?

Screenshot_2013-10-27-19-34-05

Screenshot_2013-12-20-15-01-42

113 thoughts on “Battery Drain on Galaxy Tab 3 8.0

    • Kalau saya sewaktu charging di aktifkan Airplane Mode saja dan biarkan tetap nyala, sebab kalau dimatikan sewaktu dinyalakan kembali baterainya tidak sama dengan indikator baterai saat mati tadi. Menjengkelkan sih, coba dibawa ke Samsung centernya.. hhe

      • Mas, saya kan ngisi baterai, dulu kalo sambil main baterai tetap terisi, skrng sambil main sambil bekurang, dan pengisian nya lama kali, 1 malam belom full

    • Maaf aku gak ngerti aku bingung mw nanya kemana,,aku punya samsung tab3 yg 8 inc trus indikator batre baru 80% dah mati total tab aku,,d idupin lg gak mw idup,,apakah aku bs ganti batre ? Kata temen gak bs krn batre nya batre tanam,,tolong solusi atas masalah batre aku ini ,,thank u.

      • Karena non-removable battery, kamu harus bawa ke tempat service (resmi atau non resmi) untuk bisa ganti baterainya. Kalau mau hasilnya tergaransi bisa ke resminya tapi pikirkan juga budget servicenya. Mau instan tinggal bawa ke counter service biasa, tapi jangan lupa minta garansi tokonya setelah di service. Oke!

  1. ini setuju sekali. kondisi baterai 15% saya charge dan saya matikan, hampir 6 jam saya tinggal ke kampus, balik balik baterai menunjukkan tanda full tapi waktu saya nyalakan batterai low dibawah 15%. sangat menjengkelkan. ditambah tab saya sering mati sendiri dan pas dinyalakan system reboot. produk gagal.

  2. Kalau handphone saya berbeda.. di cars dalam kondisi mati atau hidup.. untuk mendapatkan batrei full nda bisa. Sudah 6 jam ngecars masi tetap 70% ada yang tau kenapa ?

  3. Saya jg ketemu masalah ini, td sebelum di cas 15% pas udah dicas hampir 5 jam batre cuma jd 35%. Ini solusinya gimana ya???

    • Kalau dari saya,
      1. coba cek indikator baterai sesering mungkin. Saat grafiknya stagnan cabut kabel charger lalu pasangn lagi sampai grafik baterai naik lagi.
      2. Coba pakain charger merk lain, sekarang sya selalu cas pakai charger sony, dan baterai cepat penuh dan waktu pengisiannya pun lebih cepat

      • Saya juga sama gan klo mw charge dalam keadaan hidup tidak bisa, dalam keadaan mati baru bisa dicharge…apakah itu masalah di Tabnya atau chargernya ya??

      • maaf sebelumnya kepada ILHAM FAUZAN….sebelumnya saya mau tanya ? dengan menggunakan charger sony cepat full, tapi ketahan terhadap batrainya apa tidak terganggu….setahu saya semakin cepat pengisina semakin cepat juga habisnya dan juga mengakibatkan batrai soak/rusak….bagi saya apa bila batrai habis hingga 15% dan pengecasannya sampai 6 jam masih saya wajarkan….tapi kalaw 12 jam gak beres tu….batrai cepat habis dikarenakan penggunaanya. aplikasi yang selalu OL tu la yang memakan batrai besar….

      • Mungkin umur baterai akan lebih cepat rusak dibandingkan kalau pakai charger ORI. Tetapi harus diperhatikan juga seperti output charger tersebut, kalau ORI Samsungnya 5.0 VDC, maka pakai charger Sony yang seukuran juga.. CMIIW 🙂

  4. Sumpah persis bgt sama pnjelasan no 1 diatas ..
    Ini solusinya gmn bro ?
    Musti di restart trus kalo batre mau charge ?
    Mengecewakan , tidak sepadan dengan harganyaa

      • Gan , mau tanya ne ,,,, samsung tab 2.7 saya tidak di cas tapi bisa nge-cas sendiri,tidak pakai charger ( tab dlm keadaan ON saya cas )
        Sebaliknya tab saya OFF tapi masih nge-cas dengan sendirinya tanpa pakai charger. Terus kalau ngecas sendiri terkadang ada logo X merah , terkadang ada logo seperti pengecasan normal atau biasa.
        Tab saya OFF pun tetap juga ngecas sendiri tanpa charger.
        Solusinya kira-kira bagaimana ini gan dan apa penyebabnya ??
        Thanx atas info nya

  5. Saya juga pernah mengalami di galaxy tab3 8.0 milik saya. Kalau kata teknisi service center samsung itu ada masalah dalam kalibrasi baterainya. Mungkin anda terlalu sering mencharger tablet sambil digunakan untuk kegiatan yang memerlukan daya besar seperti Bermain game atau Internetan. Jadi antara baterai dan tablet bisa salah komunikasi, kalau di indikator 100% padahal pada baterainya hanya 30%. Kalau soal lama charger cek kotakannya dan kabel data, dulu saya juga lama sekali chargernya sampai butuh waktu 12 jam. Setelah di bawa ke service center samsung, ternyata kabel datanya rusak karena terlalu di tekuk. Kabel data harganya hanya sekitar Rp.60000,- an.

    • masalah tab gw jg gitu bro…batre dibawah 10% gw cas dalam keadaan mati, mentoknya di 15% doang…gw charge pake colokan ori nya….bingung banget nih solusinya gimana ya?

      • kalau saya kemarin dicoba pakai charger hp lain (pakai Sony) yang ukurannya sama (5000mAh) dan ternyata bisa mengisi samapi full. Sepertinya masalah utama menurut saya di chargernya, banyak kasus yang seperti itu. Trims

    • Kondisi yang jlaskan sama dgan yang saya alami??
      klau kondisi seperti itu, apakah batrainya bermasalah/ seperti yg di jelaskan di atas yaitu kabel datanya???

  6. sama punya saya juga begitu. Pake Sony bisa ya.. Oke deh ntar saya coba pake punya suami.
    Sampe stress rasanya, ngisi lama banget. bisa full kalo dicharge semalam full, habis gitu nanti cepet habisnya. trus kadang udah full 100% begitu dinyalain masih low bat…

  7. Saya ngecharge sampe 5 jam baru penuh 100%, tapi sekarang 10-11jam cuma terisi 70%, ada yang tau berapa harga baterai samsung gtab 3 8.0 di Samsung Center? 😦 😥

  8. Saya kira hanya tablet saya saja yg begitu,
    Ternyata anda jg mengalaminya…
    Sedikit menyesal membeli galaxy tab 3 8 inch ini 😥

  9. Wah ternyata kelemahan tab 3 8inch rata-rata sama ya. Punya saya juga gitu. Malah belum ada setahun udah bolak balik service center 3 kali dan sekarang kayaknya kambuh lagi penyakitnya.

  10. Awalnya pny saya 3 jam bisa full 100%, baru 2 hari ini harus semalaman… huhuhu kenapa ya??? Pdhl ngecas dg kondisi mati

  11. Benar sekali udah ampir 2 minggu, ngalamin baterai di cas tapi g isi”,,, udh dibwa ke smasung center digantik jabel data sama plug in baterainya.. selang 1 bulan udah aman, eh kumat lagi deh ….. kasusnya sama charger atai baterainya…

  12. buat semuannyaa, sedikit saran.
    sayaa jugaa punyaa gal.tab samsung 1 gt-p1000 nah. pass dulu sayaa makek kondisi batre tinggal 12% kalo ga salah.
    pas saya cass , sayaa cas dr jam 7-3 ga penuh2 akhirnnya sayaa copot kemudian tancep powerbank, akhirnyaa bisaa penuh, dengan yang saya alami itu.
    saya menarik kesimpulan , usahakan kalo tinggal 30% silakan di cas. insyaallah msalah2 tersebut bisaa diatasi. soalnya saya sudah mempraktekan seperti itu

    • Mas ini kenapa ya punya saya kok tab nya ga bisa nyala ???

      Jadi tuh kejadianya gini, kan pas sore tab nya ane cas keadaan hp hidup tuh yaudh kan sama ane di tinggal cas tab nya, eh selang beberapa jam ane nyalain tuh tab ga mau nyala² yaudh sama ane di cas lagi sampe pagi, eh pas ane nyalain tetep ga bisa juga. Gimana solusinya mastah ???.

  13. Saya jg mengalami masalah yg sama seperti di atas. Tab bru bisa trisi full stlh masa pengecasan selama 6 jam pdhl dlm keadaan off & tab saya sudah 5 x mati sendiri. Pdhl trhitung bru 8 bulan pemakaian. Sudah masuk servis center 3x tnpa ada perubahan apa pun. Pada servis yg k 3 dijlaskn oleh tknisi klo masalahny trletak pda baterai bkn pada chargerannya. Akhirny servis yg k 4x skitar 2 hr yg lalu, seluruh mesin & baterai diganti total.
    Namun, baterai masih lamban sekali mengecasnya, selama 3 jam bru terisi 30%. Selama mgecas plug in baterai jg tdk panas. Akhirnya stlh saya pindahkan k tempat cas lain. Plug in baterai mulai panas dn pengecasn pun sangat cepat.

    • Boleh nanya gak kak? Brarti ga ada ngaruhnya dong sebelum dan sesudah kakak yg ganti mesin dan baterai total? Waktu ngeganti mesin dan baterai berapa kena biaya nya kak? Soalnya tab saya uda dicas semaleman keisi ga sampe 50% . Trimakasih kak

  14. Tab 3 saya juga masalahnya sama.. Batere sampe 10 jam dicas gk bisa penuh.. Mentok diangka 50% setiap ngecas. Setelah itu baterenya cepat habis.. Lama ngecas tp cepat habis.. Dan indikator masih di angka 10% tiba2 mati githu aja, begitu setiap hari… tapi skrg tab 3.8″ saya sudah sehat kembali baterenya malah skrg 4 jam ngecas dah terisi full.. Habis itu lama habisnya batere tab saya… perasaan jengkel, kesal pasti ada dan itu saya alami.. saya mau kasih solusi buat teman2 semua.. Ternyata saya cari di play store ada aplikasi battery life for ttablet… aplikasi ini untuj mendiagnosa batere kita apakah sehat apa normal.. Saya download dan saya diagnosa batere saya ternyata batere saya banyak di warna merah.. Artinya batere saya dlm kondisi kritis.. Lalu saya klik untuk menormalkan kembali batere saya.. Dan alhasil batere saya sehat dan di warna hijau kembali… setelah itu ada juga aplikasi calibrate batere… nah kedua aplikasi ini penggunaannya bersamaan.. Setelah memakai calibrate batere pakai juga life battere.. ..untuk kabel data wajib ganti sama yg pendek.. Soalnya yg ori terlalu panjang jadi proses ngecas arusnya terkesan lama sampe ke tab 3..adaptor tetap yg ori tp kabel harus diganti yg lebih pendek.. Kabel yg saya gunakan saya pakai kabel power bank.. Dan skrg baeter saya sudah tidak ada masalah lagi… semoga ini bisa membantu teman2… kalau masih bingung balas aja di sini nanti saya kasih arahan…

      • Kalau sudah di download dri playsore tinggal klik start untuk mulai diagnosa.. Setelah dah dinormalkan kembali dan berwarna hijau semua, klik kembali start untuk meyakinkan batere tetap di warna hijau semua…

      • Cari aja di playstore.. Yg pertama “advance batery’ untuk ngecek kondisi batere kita.. Yg kedua install juga ” life batery” dan kedua icon nya bergambar batery warna hijau di playsore…. Sampe skrg gw makai aplikasi itu dan tidak pernah ada masalah lagi dngn batere tab saya.. Pengecasan tetap 4 jam dan habisnya sehari… untuk ngecas dari malam ke besok malamnya lagi saya cas kembali…yah coba aja lqngkah2 koment saya diatas.. Semoga membantu.. Klo masih bingung silahkan tanya lagi.. Atau invite pin gw 7538C17E…

      • mas jonly , saya mau tanya untuk aplikasi yang advanced battery ,itu dari Blackmart Studio atau apa ? karena ada beberapa aplikasi Advanced Battery..

  15. Satu lagi sebagai tambahan… .jeck kabel data ori sudah pasti longgar untuk tablet krna pemakaiannya sudah lama… jadi ganti aja kabel data yg pendek dan yg sempit supaya cepat proses ngecasnya… kalau teman2 sudah berhasil atau belum tolong posting disini.. Supaya kita tahu berhasil apa enggaknya teman2… .dan supaya postingan kita ini beguna bagi pengguan tab 3.8″ yg lainnya… .

      • Gak koq… batere tab 3 saya skrg normal dan pengecasannya 4 jam klo kondisi batere di 1%..kalau kondisi di 50% pengecasannya cuma 2 jam… ganti kabel gk masalah dan gk mempengaruhi kondisi batere kita.. Dan ini sudah saya alami.. .

    • Mungkin batere nya lagi kritis mas.. Kan ada aplikasi life batere di play store. Untuk mendiagnosa batere kita yg lg sekarat dan dinormalkan kembali… coba baca koment2 saya diatas…

      • Lae , mau nanya ne ,,,, samsung tab 2.7 saya ngecas sendiri padahal tidak saya cas , terus tab saya OFF tapi tetap ngecas sendiri juga padahal saya tidak cas . Kalau lagi ngecas sendiri terkadang ada logo X merah terkadang juga logonya gambar arus yang lagi masuk seperti pengecasan yang normal.
        Kira2 apa penyebabnya lae dan solusi yang tepat buat mengatasi masalah sprti in. Thanx atas info nya lae , MAULIATE !!!!!

  16. laaaah pada ngeluhh semuaa.. nih aku baru beli tab kmren gan.. skitar tanggal 20 agustus kmren..

    alhamdulillah gak ada masalah sampai sekarang ^^
    mungkin pemakaian agan2 trllu extream yak??? -_-
    aku sih makenya biasa kalo btrenya sisa 30% aja
    maximal 60% gan
    gak boleh di bwah 30% atau d atas 60% ngecharge d harapkan jangan…

    niih aku pagi chas penuhh. 100% hbis tu simpen d lemari. tinggal perg kerja
    pulang jam 5 sore barubkpke lagi.. sisa btre 98%
    nah aku pake dari jam 5 sampe jam 1 malam buat internetan sisa btree cuma tinggal 40% broooo
    gak ada masalah 🙂

    • ardy.. kalau banyak sekali yang bermasalah dengan tab7 8 inchnya, ga mungkin semua pemakainnya salah atau ekstrim… Please use logic hehe…. saya juga nengalami hal sama, kadang harus direstart dulu baru bisa charge, dan kalau batere sudah dibawah, ngecharge bisa lama sekali, hampir 10 jam baru penuh. anda mungkin hanay beruntung menemukan produk sama dan ga bermasalah. Saya menggunakannya biasa saja, saya tidak main game, hanya browsing, fb, twitter, watsap, foto, video (dalam batas sangat normal) dan tdk ekstrem..tab 7 8 inch juga kan? karena kita punya yg itu yg bermasalah… Saya sanpai ke thread ini karena saya search tentang “samsung tab 7 8 inch lama sekali ngecharge”. Ternata ga nyangka banyak sekali yang mengalami sama seperti saya

    • Kalo baru emng gtu. Dulu pas baru juga sbulan aman. Sambil main game online pun batre cpt full. Tp stelah sbulan lewat. Jangankan sambil main game. Layar mati karna d kunci aja smalaman gak full. Betenbgt pake tab ini. Harus ganti baterai apa carger nya sih? Tp carger nya saya pake carge ke Samsung S5 nirmal aja tuh. 2-3 jam udah pasti full.

  17. Samsung Galaxy Note 8″ juga SaMa dgn TaB 8″ ya ? Aku chaz udah 8 jam ini kok ga full ?? Padahal aku baru bêli 3 hari yg lalu… 😮

  18. Berarti sy korban yg ke sekian dong???utk smua info tmen2, makasi bgt. Sy mau coba satu prsatu sarannya.

  19. Sy pun demikian,d cas cm muncul tanda strym tp batre gk naik turun ato kedip2 spt tnda sdg mengisi… klo d cas,kdg sbntr udh full kdg seharian gk ngisi sm sx artinya sia2 udh cas lama2. Terus sy k samsung centernya,ktanya mslhnya d kabel usbnya,sy dsruh beli y sy beli,tp mslhnya kabel usb yg lama d tes d hp lain bsa kok.. dan stlh 2 hari sy gunakan kabel usb baru,sama aja gk ada perubahan,tabny ttp gk bsa ngisi baterai… apa sg sbnr kerusakannya?

  20. Saya mengalami hal yg sama. Tab s baru tapi ngecasnya sampe 10 jam. Tapi sekarang sudah bsik, lama ngecas hannya 4 jam an. Pake carger lenovo p780.

  21. Gan, kalo saya beda lagi masalahnya. Tab saya sering mati tiba2 padahal batreinya masih banyak. N kalo dinyalain cma smpe logo mati lagi. Trus nnti klo saya smbung ke charger baru bisa nyala. Knpa bgtu ya gan? Adakah solusinya? Padahal saya sdh wipe data / reset factory tapi ttap sja masih sering mati disaat batrei 50% kebawah dan harus disambung ke charger utk bisa dipakai. Tolong yah gan solusinya. Makasih sebelumnya 🙂

    • untuk kasus seperti itu kemungkinan baterainya sudah harus diganti, sama halnya seperti laptop yang baterainya sudah drop baru masuk logo windows langsung “pet” mati. Semoga membantu 🙂

      • Lagi browsing2 soal tab3 emg bnyk ya praharanya. Ikut sharing ya mas. Tab aku ud ada setahun lebih sebulanlah. Awal beli. Tiba2 tutup speaker ilang. Trus ga brapa lama casingnya ternyata melekuk gitun krn masih garansi. Jd bsa dbenerin gratis si. Cuma pas banget garansi abis, sekitar bulan lalu, eh, tabnya ga bisa kalau ga dicharge. Dia mati terus. Akhirnya ganti batre, krn ga garansi, bayar 250rb an lah. Abis itu jaya lagi sih. Cuma skrg, ngechargenya lama banget, dicharge dr jam 10pagi sampai jam 6 sore belum penuh2. Padahal dimatiin. Pgn sampai100% tp takut overcharge. Idealnya brapa jam si mas? Makasii

      • Tab 3 ini sy udh pake lama kendala saya tidak bisa dicas dalam keadaan off atau mati, klo dlm keadaan on atau hidup bisa sih, tapu klo dimatikan cas tidak bekerja, gambar baterainya tidak mengisi malah gambar baterainya di tengah bulat dan tidak ada proses ngecas. Klo di cas dlm keadaan hidun atau on malah bagus dan cepat, kenapa yach? Bingung aku.

  22. saya punya SGT 3 7″, tapi setiap indikator battery dibawah 30%, battery tiba-tiba mati sendiri, trus dinyalain lagi, eh mati lagi, dinyalain lagi, mati lagi, padahal indikator battery masih belasan %. Itu kenapa yaa? Bermasalah dimananya? Mahon bantuannya.

  23. selamat siang all…mohon bantuannya dong….???
    saya mau men-root samsung galaxy tab 3.8.0/SM-T311 OS 4.4.2 kitket. Tetapi dari beberapa kali saya mencoba tidak bisa.sudah berapa saja situs di Mbah Google gak ada yang tembus…apakan sudah ada yng mencoba dan tembus….bagi dong sarannya………..

  24. Klo punya saya dicas dalam keadaan mati off malah tidak mengisi statusnya gambar baterai yang tidak bekerja atau sedang di isi, tapi klo di cas dalam keadaan hidup atau on malah cepat s3kali full baterai, kendala saya cuman nda bisa cas dalam keadaan mati off. Kenapa ya?

    • Itu memang salah satu penyakit dalam tab 3 ini, saya pun sering mengalaminya. Terkadang indikator baterai sudah penuh saat kondisi off, namun saat dinyalakan tiba-tiba battery sudah low.

  25. Sama yah penyakitnya cumaaaaaaaaaaa kalo gue lebih ke-Lama aja casnya padahal pake iphone 5 cuma 2jam langsung penuh, agak sensi kalo lagi charger Tab 3 ini -_-

  26. Punyaku samsung galaxy tab 4 8 inch pngisian batre jg lama mpe 4jam kdang lebih😂😢ap krn fiturny kbnykan aktif atw ap sih

    • kalau sedang dicharge lebih baik semua aplikasi ditutup melalui task manager. Karena kalau sedang di charge lebih baik tab dalam keadaan steady atau dimatikan supaya proses charging pun lebih cepat. CMIIW

  27. Permisi gan, Saya juga punya problem gan dengan tab 3 7″ saya tp beda sama keluhan2 yg d ats
    Battrey nya bisa di charge sampai full 100% tp klo d mainin cepet banget abisnya, terus saya diamin pas battrey dlm keadaan low dan enggak saya charge tp anehnya battrey tab saya bsa ngisi sendiri dan enggak low lagi tp ttp klo di mainin cpt bnget abis nya
    Ada solusi gak ya ? Makasih…

    • Coba download DU battery saver, disitu nanti pas pengisian ada info tegangan yg masuk, intinya semakin besar tegangan yg masuk ya semakin cepet penuhnya, punyaku udah 1 taunan n 3jam penuh 100% kalo ngecas, tpi setelah ku root, pemakaian batrenya jadi boros, 100% cuma 2jam Ngegame trus langsung dropshot,sebelum diroot mah normal kayak hape yg lain,, makanya ini mau kucoba unroot,smoga kembali normal tab3 8inch ku,cuma info ya gan,smoga bermanfaat

  28. Ane punya tab yg 10 inch.. kejadianya sama gan dari lowbat ane charge jam 9 malam besok pagi nya gk mau full mentok di 80 atau 75 persen ,kenapa ya? Tab ane udh hampir 1 tahun apakah sudah waktu nya baterai nya expired.. sayang tab ini pakai baterai tanem…

  29. Sama Gan,,ane bru ngalami kondisi dmn icon baterai masih 25% tapi tiba2 tab 3.8 mati,,itupun baru2 ini setelah 1,4 thun makai,,,so ksmpulannya ini masalah baterai atau kalibrasi nya Gan?

  30. Ini aja note 8″ saya jg gak ngecas,,,
    tp di coba casan nya ke hp lain bs sedangkan di note gak ngisi daya nya,,
    uda ketauan ni konektor nya uda kena,,,
    Yg jd mslhnya cm dr konektor,batere,kabel usb/chargernya,,,
    klo msh lom bisa bawa aja ke service center,,

  31. Tab q indikator baterai msh normal. Tapi sering tiba2 mati sendiri. Dh di factory reset, tetep aja. Hard reset ga ada beda. Pdhl kondisi indikator baterai masih normal. Kl mati 90% diidupin lg ya msh segitu, or kurang 1% aja. Wajrlah biat angkat sistem pas ngidupinnya. Tp ya itu yg bln ktm jawabannya. Kok sering mati sendiri. Moho bantuannya bagi yang tahu.

  32. salam kenal,gan aku punya samsung galaxy tab 4 .7″ tak bisa di carge.
    dilayar tak ada indicator carger.mati total.
    awalnya batre masih 5% lalu aku matiin.karena akan di cas.tapi setelah carger di tancapkan gak ada reaksi sama sekali.mohon penjelasan.mkasih

  33. Sama punyaku tab 2.7. pemakain batere normal sih. tapi kalau dicaharge waktu off bisa bisa 10 jam lebih baru penuh. tapi kalau keadaan nyala ngecargnya normal sekitar 3 – 4 jaman lah. coba charger dan ebel lain sama saja, malah semakin lama karena mah pada caharger lain mungkin justru lebih kecil. coba saya nanya nanya pada sc, disaranin untuk install ulang biaya di malang 71 rb. install ulang katanya beda dengan haed reset. tapi saya belum inul. biarin aja. saya cahrage waktu nyala aja. trims

  34. penyakit tab 3 8inch sya jg bgitu.. harus extra sabar kalo ngecas. pasrah ga bs apa2 kalo di cas. mati gaya.
    klo d kantor, sy pinjam charger temen ga ada merk nya. agak lebih cepet full nya.
    klo d rmh, ga di cas. yg di cas malah powerbank 11mAH setelah itu dicolokin ke tab 3-nya malah lbh cepet full dibanding charger tab lgsg colok ke tab-nya.

  35. Samsung galxy tab 3 ku sering tiba tiba mati padahal batrai nya masih banyak. Baru bisa hidup lagi kalo di charger, terus dilepasin charger nya masih hidup. Ntar tiba tiba mati lagi. Masalah nya apa ya gan? Apa batrai nya perlu diganti? Kira2 biaya ganti batrai nya berapa? Terimakasih^^

  36. Tab3 memang gak beres
    Saya beli baru tapi di cas gak bisa tampa dimatikan terlebih dulu, dan gonta ganti casan dan kabel data gak bisa2 juaga, terus ngecasnya lama lagi… tab3 saya cap sebagai penipu konsumen

  37. Tab3 memang gak beres
    Saya beli baru tapi di cas gak bisa tampa dimatikan terlebih dulu, dan gonta ganti casan dan kabel data gak bisa2 juaga, terus ngecasnya lama lagi… tab3 saya cap sebagai penipu konsumen…

  38. Tab3 memang gak beres
    Saya beli baru tapi di cas gak bisa tampa dimatikan terlebih dulu, dan gonta ganti casan dan kabel data gak bisa2 juaga, terus ngecasnya lama lagi… tab3 saya cap sebagai penipu konsumen..gila yg buat

  39. Kalo tab aku kok di cas ada gambar petirnya tp kadang malah berkurang persenan batrai terus aku cas semaleman cuma dapet separuh persen. Mau ngisi satu persen aja susahnya minta ampun. Padahal sebelumnya masih normal2 ajah. Kenapa ya gan?? Ada yang tau? Makasih

  40. kalau saya kasusnya cepat mengisi (2 jam sudah full) tp pas dipakai nggak kuat 2 jam sudah habis baterai lagi.
    saya tinggal kerja tanpa internetnya saya aktifkan pun cepat habisnnya, padahal ini saya baru beli 3 bulan.
    pleaseee help.
    aplikasinya pun cuma sedikit.
    ohyaa tab juga panas sekali.

  41. Numpang bagi pengalaman ya. Sy juga pengguna tab 3.8.
    Untuk masalah lambatnya pengisian sih byk faktor penyebab. Mulai dr banyaknya aplikasi yg berjalan bersamaan, kualitas charger, sampai kondisi fisik batere. Sy sih sudah pakai tab 3.8 dr awal rilis dan sampai detik ini msh cukup bs di andalkan. Memang yg paling byk ganti adalah charger. Berikut tips sy pribadi :

    PERTAMA : Jgn terlalu GILA SOSMED :D, sampe2 smua sosmed di pasang. Pasang yg bener2 dipakai aja. Karena jaringan internet merupakan yg terbesar kedua setelah pecahayaan layar dlm urusan makan energi batere.

    KEDUA : Jangan segan untuk kenalan sama yg namanya factory reset (cek di pengaturan). Itu adalah fasilitas yg di sediakan untuk perawatan berkala. Ibarat motor, service rutinx smartphone dan komputer ya salah satunya itu. Gunanya adalah membersihkan semua data2 sampah yg numpuk d memory penyimpanan. Sehingga tab jd lebih fresh lg. Sebelumnya jangan lupa d backup ya semua datanya 🙂 aktivitas ini rutin sy lakukan minimal 3-bln sekali, atau pd saat udah berasa lelet bgt.

    KETIGA : kalibrasi ulang batere kamu. Cari d appstore aplikasi untuk kalibrasi. Kalo saya sih pake BatteryCalibration. Gunanya untuk me-singkron ulang muatan daya yg ada di dalam batere. Karena seringkali kita lihat persentase batere masih banyak padahal sebenarnya tidak. Seolah2 penuh tapi tiba2 habis mendadak. Caranya stelah di install, buka, lalu charge. Tunggu sampai alarm tanda penuh, jgn langsung d cabut. Perhatikan nilai daya d aplikasi, jika masih terus naik berarti emang masih belum penuh. Tu ggu sampai mentok dan gak naik lagi lalu tekan tombol “battery calibration”, baru deh di cabut. Daya maksimal punya saya sih sekitar 4.130 mV. Saya gak tau itu standard atau bukan, krn beru kenal aplikasi ini setelah 1 tahunan pegang andro 😀

    KEEMPAT : pilih charger yg bagus. Kebutuhan daya tab sangat besar, krn layarx besar. Sy lebih sarankan menggunakan charger yg langsung, bukan charger yg kombine sama kabel data. Lebih awet. Usahan ori. Skrg yg saya pakai charger bawaan nya samsung lipat.

    KELIMA : aplikasi dukungan yg sy pakai sejauh ini BATTERY DOCTOR, cukup maksimal buat bikin irit batere dan maksimalin proses charge.

    Sampai detik ini masalah yg belum sy dapet solusinya cuma yg no 1, yaitu tidak bisa ngecharge kalu tidak d restart. Jarang sih, gak setiap saat begitu juga. Tapi kalo udah factory reset semuanya beres. Makanya factory reset jd senjata andalan saya.

    Jadi jangan buru2 ngejudge kalo ini produk gagal. Kita pake smartphone apapun kalo gak tau cara yg bener buat ngerawatnya pasti bakal sama masalah yg muncul, kalo gak lelet ya boros batere. Semoga manfaat ya, maaf kalo msh byk kekuranganx 🙂

  42. 1. Kalo baterei boros saran saya nonaktifin semua aplikasi yg running background (yg gk di perlu kan).
    2. Yg masalah gk ngcharge n harus restart, cobak upgrade versi androidny lewat software update, masalah sya clear semua.

    Note : pemakaian sya extreme, game berat2, Internet, sambil ngecharge jg, udah 2 tahun, baterei masih lumayan awet. Problem solved.

    Semoga membantu.

  43. Saya pake galaxi tab 3, kalau ga di charge suka tiba tiba mati sendiri. Tapi kalau di charge ga pernah ada masalah.. Itu kenapa ya??

  44. Problem yg sam gan ama tab ane. Batre 11% di cas sampe 2 hari dapet 25%. Di cas kondisi tab mati sehari penuh tapi pas di nyalain ada peringatan batre abis. Gonta ganti cas merek lain sama. Ampek coba pake cas yg 2A gak ngaruh.
    Akhirnya tab ku reset ( kembali ke pengaturan awal) kondisi batre saat itu 30%. Coba di cas masih sama. Malah batre malah berkurang presentasenya.
    Sekalian tab ku pakai maen game ampe habis batrenya.
    Jengkel juga. Akhirya nyari di mbah google cara buka batre. Abis batre ku lepas. Ku coba cas pake cas desktop ( cas kodok).
    Pake jarum pentul lalu di tusuk ke kabel warna hitam satu ama kabel warna merah satu. Sambung kabel di jarum pentul ke cas kodok. Ku cas ampek full. Butuh waktu kurang lebih sehari semalam. Pasang lagi…..
    Alhamdulillah sekarang batre normal lagi. Di cas pake cas orinya butuh waktu 3 4 jam. Gak pake cas kodok lagi. Udah satu bulan ini gak ada problem lagi.
    Cuma bagi pengalaman aja ya……

  45. Gan,gue mau nanya ni…batre gue isi full charger 100%,stlah pemakain 1 jam kurang lsg ke 35%..pemakainny hanya bbman doang gan…
    Solusinya dong gan 😭😓

  46. tab 2 p3100 sy panas pas bagian belakangnya, knp ya trus gampang habis, sekali2 suka restar sendiri, apakah baterai dah soak or gmn,mmf newbe.

  47. Sy baru beli andromax tab8 tapi nermasalah…di cas tfk bisa ngisi ke batre…indikator selalu 0…tapi tuk menyalakan dan menggunakannya bisa asal sambil di cas…itu knp ya Gan

  48. Bongkar pelan-pelan sebisa mungkin, lepas batreenya, kelupas / sayat pelan-pelan bagian controllernya. Isinya ada berbagai komponen termasuk ada ic ic. Yang punya blower langsung reball ic icnya pelan-pelan. Ingat tutup dulu cell batreenya pakai isolasi tahan panas. Yang ga punya blower, panasi saja pakai solder pada icnya. Tuangkan dulu siongka pada icnya trus tempelkan soldernya di atas icnya. Tanya saya bantu WA 081573613013

Leave a Reply

