Telkom University

UT

Telkom University, gabungan dari 3 institusi yakni IT Telkom (Institut Teknologi Telkom d/h STT Telkom), IM Telkom (Institut Manajemen Telkom), STISI Telkom dan Politeknik Telkom. Saat ini Telkom University memiliki 4 sekolah, yakni Telkom Engineering School , Telkom Economy and Business School, Telkom Creative Industries School , Telkom Applied Science School, dan Telkom Graduate School. Semua sekolah ini berada di Bandung Technoplex Jl. Telekomunikasi, Terusan Buah batu. Namun ada pembaruan sistem lagi dimana saat ini seluruh fakultas berada langsung dibawah institusi seperti Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika dll.

Jumlah mahasiswa saat ini di seluruh Tel-U yakni sekitar 20.000an dan berasal dari berbagai penjuru tanah air.

Perkuliahan
Di Tel-U mahasiswa diwajibkan memakai seragam, khususnya di fakultas teknik memakai seragam dari senin – sabtu. Dosen yang mengajar disini ada dosen tetap dan dosen luar biasa yaitu dosen yang berasal dari institusi lain. Dan dosen-dosen disini pun tentu berkualitas untuk memberikan pengajaran kepada mahasiswa-mahasiswi di kampus ini.

Gedung perkuliahan di Tel-U ini terbilang banyak dan memiliki daya tampung yang besar disertai peralatan pendukung perkuliahan yang modern. Saat ini Tel-U memiliki beberapa gedung yang baru selesai dibangun dan dilengkapi fasilitas terbaik.

International Class
Yaitu kelas EBL (English Based Learning) dimana perkuliahan berlangsung menggunakan bahasa inggris. Kelas internasional ini baru tersedia di Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik dan sudah memiliki 4 kelas dari angkatan 2010 – 2013. Kebetulan saya salah satu mahasiswa yang dapat kesempatan berkuliah di kelas ini, dan benefit yang didapatkan akan banyak jika kita dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Dan biaya masuk juga semesterannya berbeda dari yang reguler. Saat ini biaya masuk diatas 30 jutaan dan biaya semesternya Rp. 14.500.000,00. (telkomuniversity.ac.id),

Kegiatan Mahasiswa
Di sela-sela perkuliahan, banyak aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswanya. Beragam organisasi, unit budaya, laboratorium, kepanitiaan, komunitas dan lain-lain. Mahasiswa di kampus ini terkenal aktif dan cerdas, dimana jadwal perkuliahan yang padat hingga praktikum, tetapi mereka memiliki waktu tersendiri untuk berorganisasi.

Salah satu hal yang melandasi mahasiswa mengisi kegiatan diluar jam kuliah yakni sistem TAK (Transkrip Aktifitas Mahasiswa), yakni sistem poin bagi mahasiswa yang melakukan kegiatan ekstrakurikuker semacam lomba dan kegiatan non-kuliah. Tujuannya sendiri yakni agar mahasiswa lulusan Telkom ini selain prestasi akademik yang bagus, namun memiliki softskill pendukung yang akan berguna di dunia kerja kelak. Namun belakangan ini sistem TAK sepertinya tidak digunakan lagi, mungkin akan diganti dengan sistem yang lebih baru.

Foto Update Maret 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s