Pantai Sawarna!

Pantai Sawarna, salah satu pantai yang indah di pelosok Provinsi Banten dan dekat dengan perbatasan dengan Prov. Jawa Barat. Beberapa minggu lalu saya, sepupu, tante dan kerabat-kerabatnya berlibur ke pantai Sawarna ini dengan ikut paket wisata dari sebuah agen wisata dan pesertanya cukup banyak sekitar 30 orang. Biayanya Rp.500.000, sudah termasuk makan 5x, travel, penginapan, dan tiket masuk.  Perjalanan dimulai dari meeting point di Plaza Semanggi, Jakarta pada hari jumat pukul 22.00 dan sampai di Sawarna pukul 06.00 artinya perjalanan 8 jam karena kondisi jalan yang cukup rusak.

Setelah sampai, mobil atau kendaraan harus dititip di luar daerah pantai, lalu kita melewati jembatan gantung yang hanya dapat dilewati motor dan orang dan sebagai akses utama masuk ke area pantai Sawarna. Setelah menyebrang, kita harus bayar Rp.5000 sebagai tiket masuknya. Tempat bermalam di Sawarna satu-satunya yaitu homestay yang bertebaran sepanjang jalan menuju pantai. Berbagai macam homestay ada di sini, dari yang “butut” sampai yang cukup “mewah” pun ada dan harganya bervariasi dari 50.000-an hingga ratusan ribu.

Sampai di homestay kami beristirahat sejenak melepas pegal-pegal dan disuguhkan dengan sunrise yang aduhai (kebetulan homestay kami dekat dengan sawah dan gunung). Jam 9 pagi, kami dan rombongan menuju Goa Lalay. Perjalanan dengan jalan kaki sejauh 3km cukup menguras tenaga juga, tapi hal itu terbayar dengan pemandangan pedesaan yang masih alami, sangat me-refresh pikiran dari penatnya ibu kota. Di Goa Lalay ini kita diharuskan melepas sandal, karena di dalam goa ini berlumpur dan risiko terpeleset sangat besar makanya harus lebih hati-hati dan berpegangan tangan.  Lanjut dari Goa Lalay, rombongan pulang ke homestay untuk makan siang dan sarapan, bayangin aja siang bolong jalan 3km!

Sore hari saat matahari sudah tidak terik lagi, waktunya ke pantai! Gear seperti kamera, tripod, dan lensa-lensa dibawa semua karena penasaran dengan keindahan pantai yang saya lihat dari internet. Jalan kaki ke pantai ternyata cukup jauh juga loh. Ada mungkin sekitar 500 m lebih. And… inilah pantai Sawarna sesungguhnya!!! *lebay dikit* tapi, ternyata gitu doank, ngga beda jauh sama pantai lainnya seperti di Bali dan Lombok. Cuma bedanya lebih bersih, lebih sepi dikit.  Tapi ternyata bang Carlito bawa sebuah layangan, dan akhirnya saya bisa merasakan bermain layangan tanpa jatuh!

Cukup bermain di pantai, kami treking ke Tanjung Layar untuk lihat sunset. Jalannya cukup jauh juga, tapi sambil lihat pantai di sebelah kanan, jadi tidak terasa tau-tau sudah sampai Tanjung Layar aja. Dan finally saya lihat aslinya juga. Dinamakan Tanjung Layar mungkin bentuk karangnya seperti sebuah layar ya, dan banyak karang actually disini. Banyak orang dari mana-mana yang main kesini dan lebih ramai daripada pantainya.

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s