Optimalisasi Tampilan Komputer/Laptop

Banyak mungkin orang-orang yang memiliki laptop atau komputer dengan GPU (Graphic Processing Unit) seperti GeForce maupun Radeon tetapi kalau main game selalu patah-patah. Faktor yang mungkin menyebabkan gambar patah-patah diantaranya :

 

  1. Processor, untuk game-game jaman sekarang processor menjadi salah satu hal yang vital untuk menentukan kecepatan proses. Untuk gaming, disarankan memakai Intel Core i5 above atau AMD Phenom atau Athlon terbaru (maaf saya bukan pemakai AMD dan Raden ūüėÄ )
  2. GPU, komponen utama yang menentukan baik-buruk kualitas grafis komputer atau laptop anda. Semakin bagus GPU, makin menjanjikan pula kualitasnya. Untuk VGA, ada 2 vendor utama di pasar ini yakni nVidia dan ATI. nVidia dengan produk andalannya GeForce sekarang sudah banyak dipakai oleh produsen laptop di dunia seperti Asus, Toshiba, Acer, hingga Apple pun sudah menanamkan chip ini kedalam produk mereka. Namun sebelum membeli laptop/komputer, pikirkan dulu kegunaan kedepannya, apakah hanya untuk bekerja saja, atau hingga gaming. Perhatikan juga RAM pada VGA karena bisa mengurangi kerja RAM komputer/laptop.
  3. Memory, atau lebih dikenal dengan RAM juga tidak kalah penting. Rata-rata komputer/laptop anyar sudah memasang RAM minimal 4GB DDR3. Semakin besar RAM, semakin bagus.
  4. Harddisk, jangan lupa sebelum menginstall pastikan kapasitas sebelum dan sesudah penginstalan agar tak menyesal kemudian jika program/game sudah terinstal.
  5. Lain-lain. Maksud lain-lain disini yaitu komponen atau hardware lain yang berpengaruh terhadap kualitas layar, seperti Microsoft DirectX.

Berikut beberapa Laptop yang saya rekomendasikan untuk mid-level gaming :

1. Asus N46VZ

Dengan harga Rp.¬†7.849.000 (dari¬†Bhinneka.com)¬†Asus sudah berani menawarkan laptop¬†Ultrabook¬†dengan spek yang bisa dibilang “dewa” dengan harga segitu. Kalau Anda ingin beli notebook ultrabook dengan kemampuan yang handal, laptop ini mungkin bisa jadi pilihan.

 

2. ACER Aspire Slim V5-471PG

Laptop Slim keluaran Acer yang satu ini ngga kalah menjanjikan juga loh. Dengan desainnya yang “melenceng” dari laptop -laptop Acer terdahulu membuat orang awam tidak akan menyangka kalau ini adalah sebuah laptop Acer. Dengan dipersenjatai GPU NVIDIA GeForce GT710M 2GB Optimus saya yakin anda semua pasti puas dengan performa gamingnya. Dan harganya pun lebih murah dari Asus N46VZ, yakni sekitar Rp. 7.339.000,-

 

(image : Asus dan Acer)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s