Novel Review : Negeri Van Oranje

Asslamualaikum wr. Wb semua. Aku kali ini aku mau nge-review sebuah novel setebal 467 halaman yang baru selesai dibaca dalam waktu 2 mingguan. Sebuah novel yang isi ceritanya sangat menarik, dan testimony postif dari penulis-penulis novel ternama tanah air dan dapat menjadi penginspirasi kita semua.

Nah aku mulai deh, novel “negeri van Oranje” ini ialah novel yang di release oleh Pustaka Populer, Penerbit Bentang dan dengan pengarangnya yang bisa dibilang banyak sekitar 4 orang, yaitu Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi dan Rizki Pandu Permana ini, menyajikan alur cerita yang sangat menarik, bisa dibilang ini ialah novel  terbaik dari novel-novel yang pernah aku baca sebelumnya.

Cerita novel ini bertemakan kisah 5 orang mahasiswa Indonesia yang sedang melanjutkan studi untuk mendapatkan gelar master ke Belanda dengan berbagai latar belakang dan dengan kejadian-kejadian yang diluar dugaan. Tokoh-tokohnya utamanya ialah:

  1. Iskandar alias Banjar : anak dari pengusaha bawang di Banjarmasin. Bekerja sebagai marketing manager area III sebuah perusahaan rokok. Bersekolah di Rotterdam. ID Yahoo! Messenger : izbanjar
  2. Wicak Adi Gumelar alias Wicak : keturunan bangsawan Banten, pengusaha karet. Ia sangat gemar pada hal-hal yang berhubungan dengan hutan. Bekerja sebagai aktivis LSM yang berhubungan dengan kehutanan. Bersekolah di Wageningen. ID YM! : green_warrior (udah ketebak dari ID ym-nya)
  3. Firdaus Gojali Muthoyib bin Satiri alias Daus : keturunan Betawi asli (baca deh, liat sendiri logatnya kalo ngomong) tinggal di Gang Haji Sanip Kelurahan Prumpung, Cipinang. Bekerja di Departemen Agama. Sekolah di Utrecht. ID YM! : anak_gang_sanip (jujur banget)
  4. Anandita Lintang Persada alias Lintang : cewek yang berbadan tinggi semampai, wajah cantik, dan rambut dikucir. Idaman semua orang. Sekolah di Leiden. ID YM! : starlight
  5. Garibaldi Utama Anugraha Atmadja alias Geri : cowo paling tampan, paling berduit, tapi… (baca ndiri dah, ntar juga tau ndiri). Sekolah di Den Haag. ID YM! : mighty_pofferties

Novel ini menceritakan tentang keseharian kehidupan mereka selama bersekolah di Belanda, termasuk terbentuknya AAGABAN (Aliansi Amersfort GAra-gara BAdai Netherland) yang menjadikan mereka berlima menjadi sahabat. Mulai dari saling kenal, hingga cinta segi tiga diantara Banjar, Daus, dan Wicak dalam memperebutkan Lintang. Dan pemenangnya adalah…

Aku kagum sama novel ini, selain menceritakan hal-hal yang kocak, sedih, senang, tapi juga rasa Nasionalisme di dalam tokohnya dan juga dapat membangkitkannya pula kepada pembaca. Dari sikap dan perilaku anak-anak AAGABAN itu juga dapat member “ilham” kepada kita untuk belajar lebih giat dan pantang meyerah Latar tempatnya pun menarik, baik yang ada di Belanda ataupun di beberapa Negara Eropa yang mereka singgahi. Dan yang terpentig adalah Happy Ending!!

Gara-gara novel ini aku jadi pengen sekolah ke Belanda, dengan factor utama : KONEKSI INTERNET YANG LUAR BIASA CEPAT, hhe. Disamping itu ialah aku pingin tau gimana rasanya bersekolah disana, keadaan lingkungannya, tempat-tempat wisata dan juga transportasi kereta api terpadu.

Pokoknya baca aja deh novel ini dari awal sampe akhir, pasti bisa dapat pengetahuan seputar beberapa tips dan tempat menarik yang ada di Belanda kalo mau liburan kesana.

Jangan lupa beli buku-buku karya anak bangsa yang ASLI ya.. Stop Piracy

Nb : (sorry kalo ini bukan review yang formal, tapi hanya sebatas personal review)

Advertisements

4 thoughts on “Novel Review : Negeri Van Oranje

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s