My First Online Experience

First online experience aku dimulai dari mana ya, abis bingung nih. Oke deh dari yang paling pertama dulu. Aku pertama kali dikenalin dengan internet oleh papa aku saat kelas 2 atau 3 SD gitu soalnya masih tinggal di rumah lama.

Yang persis masih diingatan ku yaitu saat aku n papah ngebuka gambar White House yang bikin aku kagum dan apa aja yang diketik bisa keluar dengan harapan kayak gambar dan informasi tentang sesuatu selain itu aku juga masih inget kalo papa suka buka detik.com setiap buka internetan mungkin sampai sekarang jga begitu abis disini selalu menyajikan berita-berita terupdate. Kalo ngga salah dulu internet masih terbatas dan mahal dan ISP yang dipake waktu itu Centrin, sebab telkomnet belum familiar (kalo buat aku lo). Modem yang dipake juga masih berukuran gede dan ”super kenceng” hhe,  masih tersimpan sampai saat ini walau entah disimpen dimana.

Waktu itu jam 7 malem (soalnya abis makan malem) kelas 5 SD aku lagi ada tugas nyari artikel di internet deh, aku masih awam banget dengan apa itu internet. Modem D-Link berkecepatan 56,0 Kbps modem d-linkudah tersambung, kok browser Internet Explorer nggak keluar apa-apa , cuma ”the page cannot be displayed” ngga ganti ke page Google. Tapi emang hobi aku ngoprek komputer coba deh setting-menyetting dan ternyata berhasil bikin komputer P3 450 Mhz, memori 256 MB, HDD 20 GB ( yang pada jamanny bisa dibilang lumayanlah, tapi kalo sekarang???) terhubung ke internet, dan bikin kepuasan tersendiri. Ini nih memori yang aku inget :

ISP yang aku pake Telkomnet instan , wah proses ngisi APN, password, dial number butuh waktu sejam abis ngga tau apa-apa sih. Terus aku inget iklan ” 080989999, telkomnet instaan” wah langsung deh buka Yellow Pages dan ternyata nemu iklannya yang berisi keterangan APN dan passwordnya. Udah gitu tinggal diisiin dan ternyata pas lagi dial muncul teks ”Registering your Computer on the Network” terus di pojok kanan bawah keluar tulisan ” connecting speed 56 kbps” (kalo ngga salah ia) wah seneng banget. Udah bisa connect langsung deh aku coba bikin email di Yahoo!, nyari gambar-gambar di Google (bukan yang macem-macem lho!!) dan hari itu aku internetan sampe dimarahin disuruh tidur, hhe

Pokoknya semenjak berhasil connect ke internet aku jadi rada kecanduan internet. Apalagi pas SMP, wah aku install aplikasi kayak Yahoo! Messenger 4.0 , mIRC, dan Opera.

Semenjak aku bisa chatting pake mIRC aku jadi semakin tertarik berinternetan untuk mencari tahu kayak ada apa aja sih di bumi ini yang pastinya menambah pengetahuan. Nah chatting ini ngga terlalu lama bertahan sebab waktu itu komputer cuma satu dan lagi ”Crash”.

Setelah lama vacuum dari dunia internet akhirnya aku comeback lagi kelas 7 SMP. Nah gara-gara ditinggal lama oleh internet, ini jadi kayak My First Online Experience part 2, hhe. Sebab jauh lebih banyak hal baru lagi, contoh utamanya Friendster. Siapa sih yang nggak kenal friendster sekarang (walau ratingnya udah kalah sama Facebook)? Nah ini flashback singkat tentang ngebuat & nge-manage FS diawal-awal :

–          Proses Sign Up berjalan lancar

–          Nah waktu abis sign up aku malah puyeng tujuh keliling (lebay ah), ini home buat apa aj sih, kok pada kosong, ngga ada foto.

–          Coba klik Profile. Ini nih yang bikin sebel, apa-apaan lagi halaman profil kok jelek gini?? Aku ulik deh sampe sekarang bisa ngedit CSSnya sendiri.. hhe

Sejak kehadiran Friendster dan teman yang udah banyak juga otomatis jadi banyak link donk. Mulai dari sana aku mulai kenal sama blog , dll. Pokoknya sekarang internet sebagai salah-satu kebutuhan tersier deh, apalagi semenjak dimanjakan koneksi inernet cepat dan kualitas komputer yang lebih mumpuni, internet tak hanya sekedar mencari informasi etapi sebagai sarana fun yang murah dan simple dan juga bisa digunakan buat mendulang Dollar (bisa juga Rupiah, liat aja Saykoji… Online, online).

Internet makes our World feel small

Advertisements

3 thoughts on “My First Online Experience

  1. wahmantap, kenal internet dari SD,.. sedangkan gue baru kuliah baru kenalan..

    aku juga ikutan loh.. ditunggu kunjungan dan komentarnya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s